17 Tempat Wisata di Bondowoso Terbaru Paling Menrik di Kunjungi

1. Wisata Air Terjun Blawan yang unik

tempat menarik di Bondowoso
foto dari @nok_ne
Wisata air terjun yang berada di Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso, tepatnya di Desa Kalianyar. Dari pusat Kota Bondowoso Berjarak sekitar 52 Km.
Wisata Air terjun di Bondowoso ini merupakan Hilir sungai Kali Pahit,sumber air yang bersumber dari Rembesan Kawah Ijen. Hasil air ini mengandung kadar belerang, serta di kelilinginya air terjun dengan tumbuhan Macadamia.
Di tempat wisata alam Bondowoso ini anda bisa mandi di pemandian air panas. Masih dalam kawasan Obyek wisata air Terjun  Blawan.
Di sini juga di sediakan fasilitas Hotel dan Shelter. Yang membedakan air terjun ini di indonesia adalah Muara aliran air terjun Blawan langsung ke dalam tanah.
Air terjun ini menyerupai air terjun Niagara Amerika, sehingga akhirnya aliran air terjuan akan bermuara di Asembagus Situbondo,indah bukan?
Apalagi dengan track jalan yang menantang menuju air terjun ini dengan melewati jalan yang naik turun di antara Tebing-tebing.

2. Wisata Air Terjun Polo Agung

Wisata Air terjun di Bondowoso
foto dari @bondowosohits
Wisata Air Terjun yang berada di Desa Sukorejo, termasuk dalam Kecamatan Wringin. Berjarak sekitar 40 Km di sebelah timur Bondowoso.
Berada di area perkebunan milik warga desa. Obyek wisata baru yang di kelola oleh dinas pariwisata pemerintah Bondowoso bidang seni dan budaya.
Di bangun pada tahun 2003, jadi obyek wisata ini termasuk obyek wisata baru di Kota Bondowoso. Dengan tinggi air terjun sekitar 30 Meter air terjun ini menawarkan keindahan alam dan suasana.
Disini juga ada lembah hijau,akan tetapi tidak terlalu luas. Di sekitar air terjun Tersedia 3 Shelter  tetapi tidak terlalu luas.
Anda dapat mengunjungi tempat liburan di Bondowoso ini dengan menggunakan kendaraan umum. Tetapi untuk mencapai lokasi air terjun anda harus berjalan kaki.
Sebelum melalukan pendakian ke air terjun Polo agung anda harus melapor ke kantor pas terdekat, ataupun kantor camat setempat. Anda juga harus membawa bekal apabila anda akan melakukan pendakian.
Anda harus menjaga kelestarian alam di lingkungan ini karena keadaan alam yang masih alami dan banyaknya satwa agar tetapi lestari

3. Wisata Air terjun Tancak Kembar yang menawan

Tempat Wisata alam di Bondowoso
foto dari @ecol_revival
Obyek wisata air terjun Tancak, berada di Kecamatan Pakem,tepatnya di Desa Andongsari kabupaten Bondowoso.
Sekitar 25 Km dari Kota Bondowoso menuju arah Barat. Wisata air terjun ini berada di kawasan Hutan lindung yang berada di ketinggian 900 Mdpl.
Suasana di tempat ini sangatlah sejuk, apalagi dengan tinggi tebing air terjun yang tinggi. Ketinggian tebing yang mencapai 77 meter ini menambah kesejukan dan keindahan suasana di lokasi ini.
Masyarakat setempat percaya bahwa setiap orang yang mandi di sini akan awet muda, tapi kebenarannya tergantung kepercayaan masing-masing sih. Air terjun yang indah dan mewanan ini menawarkan panorama alam yang menakjubkan.
Tidak hanya melihat keindahan air terjun. Di sini anda juga bisa melihat pusat penelitian Arabika dan kakao yang luasnya mencapai 180 Ha.
Konon menurut legenda masyarakat setempat air terjun ini di jaga oleh lelaki pada sisi kiri dan wanita di sisi kanan. Anda juga bisa menjumpai air terjun kecil sebelum anda sampai ke air terjun tancak yang utama

4. Wisata Menantang Bosamba Rafting

tempat wisata adrenalin di Bondowoso
foto dari @vindy_putri
Wisata dengan adrenalin yang menantang juga ada di Bondowoso. Tepatnya di Obyek wisata arung jeram Bosamba.
Lokasinya berada di Kec Taman Krocok, Kab Bondowoso. Asal nama Bosamba yaitu berasal dari singkatan “Bondowoso-Sampean Baru”.
Obyek wisata ini di nikmati oleh warga dalam dan Luar daerah Kabupaten  Bondowoso. Banyak juga wisatawan yang berasal dari luar daerah Bondowoso bahkan turis luar Negeri, terutama wisatawan pecinta olahraga Arung jeram.
Anda bisa mencapai obyek wisata ini dengan mudah. Karena akses transportasi dan jalan menuju ke tempat wisata adrenalin di Bondowoso ini sangat mudah. Sekitar 2 Km dari Jalan Raya Provinsi di kecamatan Wonosari
Track di Bosamba rafting cukup menantang dengan karakter sungai yang berkelok,berbatu dan bertebing membuat adrenalin anda akan terpacu. Sensasi yang luar biasa akan tersaji bila anda mencoba olahraga rafting di Bosama rafting ini.

5. Pemandangan Arak-arak yang mempesona

Tempat liburan di Bondowoso
foto dari @sifana_faroh
Wisata alam yang menawarkan keindahan panorama alam yang tersaji di tempat ini. Berlokasi di Jalan Surabaya-Bondowoso.
Terletak di Desa Sumber Canting, Kec Wringin, Kab Bondowoso. Dengan ketinggian dataran sekitar 345 mdpl.
Pengunjung bisa menikmati keindahan suasana dan panorama alam yang indah dari ketinggian di tempat wisata Alam Bondowoso ini.
Anda bisa mengunjungi tempat piknik di Bondowoso ini dengan menaiki kendaraan umum.
Anda dapat menenangkan pikiran akan kejenuhan dengan memandang keindahan alam di tempat ini dan suasana alam yang menenangkan.

6. Taman pemandian Tasnan

Tempat nongkrong di Bondowoso
foto dari @aridwisetya
Obyek wisata yang berada di Desa Taman,Kec Grujugan,Kab Bondowoso. Berjarak sekitar 8 Km dari pusat Kota Bondowoso.
Obyek wisata yang menawarkan suasana menenangkan dan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Anda bisa mengunjungi obyek wisata ini dengan menggunakan transportasi umum di kota Bondowoso.
Tempat nongkrong di Bondowoso ini menyediakan fasilitas seperti Shelter,tempat ibadah,ruang ganti,panggung hiburan. T
Taman dengan tempat duduk untuk bersantai sembari istirahat. Pemandian ini di bangun pada zaman penjajahan kolonial belanda.
Di jadikan tempat beristirahat para tentara kolonial belanda pada masa itu. Obyek wisata ini di kelilingi hutan pinus sehingga suana tempat ini menenangkan dan menyejukkan karena suasana yang hijau dan rimbun.
Tidak hanya pemandian tasnan saja, disini anda juga bisa mengunjungi situs megalitikum, yang merupakan peninggalan sejarah. Di gunakan sebagai lokasi edukasi keluarga dan tempat rekreasi.

7. Wisata kawah Ijen yang mempesona

Tempat Wisata kawah ijen di Bondowoso
foto dari @galeri.pic
Wisata alam yang menakjubkan keindahannya. Akses jalan yang sulit dan menantang akan tersaji di track menuju kawah Ijen bagi anda yang suka survival dan tantangan.
Anda bisa mengunjungi kawah ijen melalui 2 jalur track yaitu jalur utara dan jalur selatan. Apabila anda melalui jalur utara anda akan melalui jalan Situbondo ke arah Bondowoso(jalur Sempol) berhenti di Paltuding.
Dengan menempuh waktu sekitar 2,5 jam. Sedangkan dari arah selatan anda bisa menuju ke kawah ijen dengan melalui kota Banyuwangi dengan menempuh jarak sekitar 35 Km.
Anda akan mendaki sekitar 3 km untuk sampai ke kawah ijen, dengan track kemiringan tanah 25-35. Anda bisa menempuhnya dengan waktu sekitar 1,5 jam.
Apabila anda ingin mendaki siapkan fisik yang prima serta berhati-hati saat perjalanan karena track yang berpasir dan cukup menanjak. Akan tetapi akses pendakian yang sudah cukup baik karena sudah di benahi oleh pemerintah.
Di sepanjang jalan pendakian banyak tersedia warung-warung menuju kawah ijen, sehingga anda tidak di tuntut untuk membawa bekal berlebih.
Di sini juga tersedia penginapan dan area camp, sehingga anda tidak usah bingung untuk beristirahat.
Rasa lelah anda saat mendaki akan terbayar lunas saat ketika di kawah ijen ini, karena keindahan alam dan panorama menakjubkan.
Anda akan menjumpai blue fire (api biru) di kawah ini, api biru ini hanya muncul di dua tempat di Dunia.

8. Kebun Kopi Kalisat Jampit

Obyek wisata perkebunan kopi di Bondowoso
foto dari @joeniecha
Obyek wisata perkebunan kopi yang di kelola oleh PTPN Vll kalisat Jampit. Lokasinya berjarak 74 Km dari pusat Kota Bondowoso menuju arah timur.
Perkebunan kopi yang di buat di atas lahan seluas 4000 hektar. Berada di ketinggian 900 Mdpl. Sehingga suasana di tempat wisata keluarga di bondowoso ini sejuk dan hijau.
Anda bisa melihat pemandangan panorama alam hijau yang menenangkan. Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat proses pemetikan, penggilingan dan pengemasan kopi arabika hingga akan di pesarkan.
Fasilitas yang lain yaitu adanya taman bunga, kolam memancing, kolam renang, dan lapangan tennis. Di sekitar perkebunan ini juga tersedia Homestay sehingga anda tidak akan bingung jika ingin menginap dan berlama-lama di sini.

9. Obyek wisata telaga Weru

Tempat hunting di Bondowoso
foto dari @sandyade
Berada di Desa Songbledek, tepatnya di Dusun Weru kec Paranggupito. Menawarkan panorama telaga yang indah dengan hembusan angin sepoi-sepoi yang menenangkan.

10. Kawah Wurung dengan keindaahan sabananya

tempat wisata kawah wurung Bondowoso
foto dari @ijentravel
Berada di Daerah Jampit, termasuk dalam wilayah kec Sempol,Kab Bondowoso, berada di sebelah barat Kawah ijen.
Selain menawarkan keindahan kawah wurung, anda juga bisa menikmati keindahan sabana yang ada di sekitar obyek wisata kawah wurung ini.
Apabila anda mengunjungi tempat wisata kawah wurung Bondowoso Jawa Timur ini jangan lupa membawa kamera. Karena sayang sekali jika anda mengunjungi tempat ini tanpa hunting foto.
Alam yang menakjubkan harus anda abadikan dengan mengambil gambar. Akan tetapi akses jalan anda untuk sampai ke tempat hunting di Bondowoso ini belum memadai.
Track jalan yang berpasir,becek dan berbatu akan sedikit menyulitkan perjalan anda. Buat anda yang suka dengan tantangan semua itu tidak jadi masalah bukan.
Sepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan berupa hamparan luas kebun kopi dan pemandangan gunung ijen yang mempesona. Ini adalah salah satu tempat berfoto di Bondowoso yang indah.

11. Pemandian Damar Wulan dan Pemandian Air Panas

Obyek Wisata Air Terjun Blawan
foto dari @arjhun_poetra
Obyek wisata yang berada di Desa Kalianyar, Kec Sempol,Bondowoso ini terletak tidak jauh dari Obyek Wisata Air Terjun Blawan.
Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan menempuh waktu sekitar 30 menit dari Paltuding kawah Ijen. Pemandangan kebun teh dan kopi yang indah akan tersaji saat perjalanan anda menuju tempat ini

12. Pesona Gunung Raung

Tempat berfoto di Bondowoso
foto dari @addi_addii
Gunung Raung ini berada di 3 wilayah kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Bondowoso,Jember dan Kabupaten Banyuwangi. Ketinggianya 3.332 Mdpl dengan memiliki Kaldera yang memiliki dalam sekitar 500 Meter.
Gunung api ini masih Aktif, serta kawah yang terus mengeluarkan asap bahkan sesekali menyemburkan Api.
Keindahan gunung ini terlihat sampai di Bali, dengan keeksotisan yang menakjubkan. Anda bisa mengabadikan momen-momen indah anda di sini dengan berfoto-foto.

13. Pegunungan Hyang yang indah

tempat liburan di bondowoso
foto dari @impa_akasia
Pesona Gunung Argopuro dengan keindahan atas awannya. Memiliki puncak tertinggi dengan ketinggian 3.008 Mdpl.
Gunung ini berada di kawasan gunung Hyang yang terletak di Kabupaten Probolinggo. Di puncak gunung ini anda bisa menikmati keindahan alam yang mempesona serta melihat pemandangan alam yang eksotis.
Gunung dengan tumbuhan-tumbuhan langka yang masih terjaga serta hewan-hewan hutan liar yang masih banyak berkeliaran semakin menandakan asrinya gunung ini.
Di atas gunung in anda akan merasakan sensasi hidup serasa hidup di atas awan.

14. Bendungan Sampean Baru yang bersejarah

Tempat piknik di Bondowoso
foto dari @mdp_cal
Bendungan yang merupakan bangunan Kuno, di bangun tahuun 1983. Berada di Desa Tapen, Kec Tapen. Fungsi bendungan yang masih berjalan dengan baik dan aktif sampai sekarang.
Anda bisa sampai ke bendungan dengan waktu sekitar 20 menit, karena hanya berjarak sekitar 20 Km dari pusat Kota.
Pemandangan yang segar di bendungan ini dengan hembusan angin yang lumayan deras semakin membuat sejuknya suasana.
Pemandangan sepanjang jalan anda menuju ke bendungan ini cukup menyegarkan. Hamparan sawah yang hijau dan perkebunan membuat suasana tenang yang menyegarkan.

15. Taman Krocok Bondowoso

wisata alam bondowoso
foto dari @culaglow
Obyek wisata berupa alam yang berada di Kecamatan Bondowoso tepatnya di Kota bagian Utara Kabupaten Bondowoso.
Sekitar 50% wilayah taman ini berupa bukit dan pegunungan yang hijau. Pemandangan alam berupa gunung dan bukit adalah kelebihan Taman Krocok Bondowoso.
Hamparan gunung seringkali dijadikan track alternatif jalur petualangan lintas Alam dari Bondowoso ke Situbondo oleh pecinta alam maupun warga sekitar.
Akses jalan yang tidak terlalu sulit membuat Jalur ini sangat populer di jadikan jalur Lintas Alam oleh sebagian Orang.
Keindahan panoramanya pun sangat eksotis dan membuat pikiran kembali rileks dengan memandang pemandangan pegunungan hijau yang menyegarkan.

16. Padang Savana Kawah Wurung yang indah

wisata kawah wurung bondowoso jawa timur
foto dari @shebyarsy
Merupakan hamparan rumput menyerupai padang savava yang ada di amerika dan afrika. Pemandangan yang bagus dan udara yang menyegarkan membuat tempat wisata murah di Bondowoso ini sangat eksotis untuk di kunjungi.
Terdapat gundukan-gundukan bukit kecil yang menyerupai bukit teletubies, indah bukan? Padang savanah ini berada di ketinggian 1500 Mdpl, sehingga suasana di tempat ini sejuk dan menyegarkan.
Padang savanah ini Berada di kawasan kawah wurung. Sehingga apabila anda mengunjungi kawah wurung bisa sekalian berfoto ria di padang savana ini.
Kawah ini juga sering di jadikan sebagai tempat wisata alam bahkan survival para raiders Off Road.

17. Situs Megalitikum di Bondowoso Jawa Timur

tempat wisata kota bondowoso
foto dari @yoko_kokoo
Sarkofagus merupakan situs Megalitikum di Bondowoso, di kenal dengan nama Keranda yang terbuat dari Batu atau Batu Cerdas. Mempunyai bentuk Palung atau Lesung akan tetapi mempunyai tutup.
Memiliki fungsi sama dengan Kuburan Batu atau sering di sebut Dolmen. Sarkopage ini terdapat di beberapa desa, yaitu di Desa Glinseran,Kec Wringin. Dari kota Bondowoso menuju arah timur, berjarak sekitar 19 Km
Demikian destinasi wisata di kabupaten Bondowoso yang bisa saya berikan, banyak tempat-tempat indah yang bisa anda kunjungi. Kabupaten bondowoso juga memiliki potensi alam yang menakjubkan untuk di jadikan obyek wisata.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 Tempat Wisata di Bondowoso Terbaru Paling Menrik di Kunjungi"

Posting Komentar

CopyAMP code