18 Tempat Liburan Wisata Yang Ada di Sumatera Barat

1. Janjang Seribu Great Wall Of Kota Gadang

tempat wisata di payakumbuh sumatera barat
Foto : @bhimawibaw
Sumatera barat memiliki banyak tempat wisata, dan tempat wisata pertama terletak di bukit tinggi. Salah satu tempat wisata pertama kali yang berada di bukit tinggi yaitu janjang seribu. Janjang Seribu ini merupakan tempat wisata yang hampir mirip dengan green canyon di AS.
Janjang seribu yang memiliki tembok besar seperti tembok china ini, memiliki panjang 1 Meter. Jika Anda ingin berkunjung kesana, Anda memerlukan istirahat yang cukup. Karena tempat menuju janjang seribu ini cukup menguras tenaga untuk mencapai titiknya.

2. Jam Gadang

tempat wisata terbaru di bukittinggi
Foto : @minangtourism
Jam gadang ini merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi iconnya di Sumatera Barat. Tempat wisata ini sudah ada sejak terjadinya penjajahan Belanda. Memiliki luas 13 x 4 meter dan tinggi 26 meter yang terdiri atas beberapa tingkat.
Jam gadang adalah jam besar, karena besarnya jam tersebut yang tak berbeda dan unik. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi para wisatawan.

3. Pasar Bukittinggi

tempat wisata di padang panjang
Foto : @travelerien
Tempat ini berada dibelakang jam gadang. Pasar bukit tinggi ini terbagi menjadi 3 bagian, pertama dipasar bawah, kedua lereng dan tiga di pasar atas. Setiap dibagian pasar memiliki tempat penjualan yang berbeda. Dipasar bagian bawah menjual sayur dan mayur, buah-buahan dan juga bumbu masak.
Kemudian di bagian lereng menjual kuliner dan oleh-oleh khas sumatera barat. Seperti dadiah, karakaliang, keripik balado, sampai dnegan souvenir semuanya tersedia. Dan dibagian atas Anda akan menjumpai sulaman khas Sumatera Barat, ikan dan jual pakaian.

4. Ngarai Sianok

wisata kuliner di sumatera barat
Foto : @shodikpurnomo
Tempat wisata satu ini berada di perbatasan bukit tinggi. Ngarai Sianok merupakan lembah yang curam. Jurangnya memiliki kedalaman 100 meter dan luar 15 km, dengan lebar 200 meter. Lembahnya berbentuk panjang dan berkelok-kelok. Ngarai Sianok ini membentang dari selatan Ngarai kota gadang sampai dengan nagari.
Ngarai Sianok ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan sangat menyejukkan mata. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, Anda cukup membayar tiket masuk Rp. 4.000. Sangat murah bukan?
Selanjutnya adalah tempat wisata Sumatera barat di padang panjang. Padang panjang merupakan salah satu kota kecil yang berada di Sumatera Barat. Kota ini memiliki julukan Egypte Van Andalas yang tak jauh dari kota padang, dengan jarak 96,7 km.
Padang panjang juga pernah menjadi pusat pemerintahan di Sumatera Barat pada jaman belanda dulu. Padang panjang ini dari Sumatera Barat berjarak 2 jam.

5. Air Terjun lembah anai

wisata sumbar yang lagi hits
Foto : @minangtourism
Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal. Untuk mencapai air terjun anai harus mencapai 66,4 km atau 1 jam 50 menit. Air terjun ini juga memiliki telaga air yang sangat jernih.
Tempat wisata ini juga merupakan salah satu hutan lindung sehingga masih banyak satwa liar yang berkeliaran, seperti monyet. Arirnya berwarna kebiru-biruan, sangat jernih.

6. Minang Fantasi

wisata budaya sumatera barat
Foto : @azeeqabuto
Tampat wisata satu ini terletak di pegunungan bukit barisan. Didalam lokasi minang fantasi ini terdapat perkampungan yang menyediakan resort dan juga tempat menginap untuk para wisatawan. Minang fantasi berkonsep wisata dengan masih menggunakan konsep yang tradisional.
Dengan jumlah pengunjung yang dapat menampung sebanyak 25.000. Untuk masuk ke dalam tempat ini, Di hari senin-jum’at Anda cukup merogoh koceng sebanyak Rp. 40.000. Namun,
untuk hari sabtu-minggu harga normal yaitu Rp. 50.000. Dan untuk operasional pada hari senin-jum’at buka mulai pukul 07.00-17.00, dan untuk hari sabtu-minggu buka pukul 08.00-18.00.

7. Masjid Asasi Sigando

Wisata kekinian di sumatra barat
Foto : @profirman16
Masjid ini merupakan salah satu masjid yang tertua di kota Padang panjang. Letaknya di Jorong Sigando. Masjid ini memiliki arsitektur minangkabau.
Pemerintah menetapkan masjid asasi sigando merupakan salah satu cagar alam.

8. Goa Batu Batirai

Wisata keluarga di sumatra barat
Foto : @darajesh
Mengapa dijuluki goa batu batirai? Karena batu-batu yang ada di dalam goa menjulang tinggi layaknya tirai, sehingga masyarakat memberikan nama goa batu batirai. Untuk masuk ke dalam goa tersebut Anda juga memerlukan perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan.
Letaknya berada di Kampung Manggis, Kecamatan Padang panjang barat. Tempat-tempat wisata di Sumatera Barat lainnya adalah tempat wisata di payakumbuh sumatera barat.
Payukumbah sago salah satu tempat kecil yang berada di gunung engan ketinggian 514 mdpl. Tempat ini ternyata memiliki banyak tempat wisata yang wajib Anda kunjungi, diantaranya adalah

9. Padang Mengateh

Wisata anak muda si sumatra barat
Foto : @berandasumatera.id
Tempat ini sering disebut sebagai New Zealandnya Indonesia, karena merupakan padang rumput yang memiliki pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan.
Memiliki luas 289 ha. Tempat ini juga cocok bagi Anda yang mencari spot foto untuk dibagikan disosial media, tempatnya sangat intragamable.

10. Air Terjun Lubuak Bulan

Tempat wisata romantis di sumatra barat
Foto : @roviatria
Tempat ini berbentuk seperti bulan sapit dan dikelilingi dengan tebing yang tinggi. Ketinggian air terjuannya adalah 50 meter. Tempat wisata ini berada di Jorong koto tinggi kubang balambak, dan berjarak 30 km dari kota payakumbuh.
Tempatnya memang cukup jauh, Anda memerlukan trek dengan jarak tempuh 3 jam dan melewati hutan yang sangat lebat. Namun, ketika Anda kesana, Anda tak akan menyesal, karena tempatnya sangat asri, indah, menyenangkan dan menenangkan.

11. Ngalau Indah

Wisata keluarga di sumatra barat yang menarik
Foto : @bariklinovra
Tempat ini berlokasi di Keluarahan Pakan Sinayan. Ngalau Indah berjarak 4 km dari pusat kota dan 31 km dari bukittinggi. Pertama kali yang akan Anda rasakan memang tempatnya terasa mistis dan menyeramkan, karena gelap, sunyi, sepi.
Namun, ketika Anda membawa penerangan, percayalah Anda akan merasakan kenyamanan dan ketenangan. Sebab, tempatnya sangat indah dan memiliki fasilitas yang cukup baik meskipun belum maksimal.
Untuk masuk ke dalam goa Ngalau Indah, Anda cukup mebayar Rp. 5000 sampai dengan 10.000. Sangat terjangkau bukan? Selain wisata-wisata di atas. Sumatera Barat juga memiliki tempat wisata yang hits.
Bagi Anda kaum muda maupun remaja tentu akan sangat cocok berkunjung ke tempat ini. Apalagi jika Anda adalah orang yang gemar sekali berfoto. Berikut adalah wisata sumatera barat yang lagi hits.

12. Jembatan Siti Nurbaya

tempat wisata di padang panjang
Foto : @tripsumbar
Wisata sumbar yang lagi hits di Sumatera Barat lainnya adlaah jembatan Siti Nurbaya. Jembatan ini dibangun diata muara batang arau. Tempat wisata satu ini adalah tempat wisata yang sangat populer, dimana kisah nama dari jembatan ini sangat terkena. Bahkan bangunan ini menjadi sejarah dalam kisah yang dipelajari ketika di Sekolah.
Jembatan ini menghubungkan kota tua Padang dengan taman lokasi siti nurbaya. Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, disarankan Anda datang ketika sore hari, karena Anda akan melihat keindahan sunsetnya.

13. Danau Maninjau

Wisata terbaru untuk keluarga di sumbar
Foto : @bryanparadise99
Danau ini merupakan danau terbesar kedua yang berada di Sumatera Barat. Keindahannya sangat mempesona. Danau ini terbentuk dari letusan gunung berapi.
jika Anda membutuhkan ketenangan. Maka tempat ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari tempat untuk menenangkan diri.
Bagi anda yang ingin menikmati liburan bersama sanak saudara atau teman-teman mungkin bisa juga mencoba berkunjung ke Wisata di Riau.

14. Danau Singkarak

Danau tebaru di sumbar
Foto : @arvanmapokus
Danau ini sangat terkenal dan populer karena setiap dua tahun sekali selalu mengadakan festival internasional. Festival tersebut diikuti oleh para pesepeda yang berada didalam negeri maupun diluar negeri. Tempat ini dinobatkan sebagai danau terbesar kedua setelah danau toba.
Selain keindahannya, danau ini juga memiliki manfaat yaitu dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Selain itu juga dapat menjadi pembangkit listrik, tenaga air, yang sangat bermanfaat untuk masyarakat. Danau ini berlokasi di solok dan tanah datar, provinsi Sumatera Barat.

15. Museum Adityawarman

Air terjun menarik di sumbar
Foto : @shantie_syifa
Museum ini sudah dibangun sejak 1974. Bangunan ini berlokasi di Padang dan sering disebut sebagai taman mini-nya Kota Padang. Jika Anda penyuka sejarah, maka Anda wajib berkunjung ke museum ini.
Didalam museum ini menyimpan banyak sejarah-sejarah pada jaman minangkabau dari arsip, dokumen sampai dengan kebudayaan minangkabau.

16. Pemandian Air Panas Bukit Kili

Pantai menarik di sumbar
Foto : @bryanazhari
Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan yang sedang berkunjung ke Sumatera Barat. Karena tempat ini menjadi salah satu tempat yang mengalirkan air panas alami. Dapat digunakan untuk relaksasi dan menyegarkan tubuh dengan memanjakan diri berendam di air panas.
Letaknya ada di Nagari Koto Baru, Kecamatan kubung, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Selain tempat wisata untuk berlibur, Anda juga dapat belajar sambil berekreasi dengan mengunjungi tempat wisata budaya Sumatera Barat.
Tempat wisata budaya yang ada di Sumatera Barat sangat cocok bagi Anda yang tak ingin menyia-nyiakan waktu berlibur. Dengan tetap belajar sejarah budaya yang ada di Indonesia.

17. 1000 Rumah Gadang

rumah gadang sumatra barat
Foto : @@fauzi_arrahman
Salah satu tempat wisata yang terletak tak jauh dari Koto Pdang dengan jarak 150 km. Ketika Anda berkendara, Anda perlu menempuh waktu sepanjang 3,5 jam. Tempat ini berlokasi di pinggir jalan Utama Solok Selatan. Anda tak perlu takut kesasar. Sebab, ada petunjuk untuk menuju ke desa tersebut.
Tempat ini merupakan sebuah desa, dimana ketika Anda berkunjung disana, maka, Anda akan dipersilahkan untuk singgah dislaah satu rumah warga.
Anda akan diberikan pertunjukan dengan tarian tradisional Sumatera Barat dan mempelajari adat istiadat suka aslinya. Anda dapat mengenal dengan mudah Rumah gadang karena atapnya yang runcing ke atsa dan masyarakat biasanya menyebutnya dengan sebuat gonjong.
Yang konon katanya akan merepresentasikan tanduk kerbau dan lambang asli minangkabau. Ada sebanyak 174 rumah yang ada disana.

18. Kampung wisata kubu gadang

Wisata adat sumatra barat
Foto : @erisonjkambari
Desa ini merupakan sebagai kampung wisata, dimana Anda akan disuguhkan dengan tampilan bela diri diatas lumpur. Jaraknya 1,5 jam dari Padang, perayaannya hanya akan dilakukan setelah panen. Hal ini juga dilakukan karena untuk melatih silat yang disebut dengan Silek Lanyah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18 Tempat Liburan Wisata Yang Ada di Sumatera Barat"

Posting Komentar

CopyAMP code